Ibn Jarir al-Thabari (w.310 H)
A. Biografi
Nama lengkapnya
ialah Abu Ja’far Muhammad bin Yazid bin Katsir bin Ghalib al-Thabari.Atau
Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Khalid bin Katsir Abu Ja’far Ath-Thabari.[1]Dikenal
sebagai seorang imam, mujtahid, sejarawan, ahli fikih, dan mufasir. Beliau
lahir di Thabaristan, Tehran (Iran) pada 224 H/839 M. [2]Beliau
hafal al-Qur’an sejak beliau berumur 7 tahun, kemudian ketika berumur 9 tahun
mulai menulis hadist.
Seperti ulama lainnya beliau juga melakukan rihlah ilmu, yakni Ray
(Teheran/Iran), Baghdad (241 H), Bashrah (242 H), Kufah, Syam/Syria (245 H), dan
Mesir. Namun pada 290 H beliau kembali ke Thabaristan, kemudian menetap di
Baghdad dan meninggal disana tahun 310 H.
Selama
perjalanan menuntut ilmu tersebut, beliau mempelajari berbagai macam ilmu dari
guru-gurunya, seperti Hadist, Sejarah, Qira’at Syamiyyin (qira’at yang ada pada
orang-orang Syam), dan Fikih.Guru-gurunya yakni Muhammad bin Humaid al-Razi,
Muhammad bin al-Ma’alli, Muhammad bin Basyar, Hanna’ bin al-Sary, Abu Kuraib
Muhammad bin al-‘Ala’ al-Hamdani, al-‘Abbas bin al-Walid al-Bairuni, al-Muzani,
Muhammad bin ‘Abd Allah bin al-Hakam, dan Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah.
Ibnu Jarir
al-Thabari ialah seorang master dibidang tafsir, sejarah, fikih, dan hadist.Adapun
buah goresan penanya ialah:
1.
Tarikh al Umam wa al Muluk atau Tarikh al Thabari.
2.
Jami’ al Bayan ‘An Ta’wil Ay al Qur’an atau Tafsir al-Thabari.
3.
Adab al-Qadhah.
5.
Adab al-Nufus.
6.
Ahkam Syara’i al-Islam/Lathif
al-Qaul fi al-Bayan ‘an Ushul al-Ahkam.
7.
Ikhtilaf ‘Ulama al-Amshar fi
Ahkam Syara’i al-Islam.
8.
Al-Basith al-Qaul fi Ahkam Syara’i al-Islam.
9.
Tarikh Rijal min al-Shahabah wa al-Tabiin.
10.
Kitab al-Tabshir.
11.
Tahdzib al-Atsar wa Tafshil al-Tsabit ‘an Rasulullah saw. min
al-Akhbar.
12.
Al-Jami’ al-Qira’at.
Selain
karya-karya diatas masih banyak lagi yang tidak dimuat disini. Hal ini
memperlihatkan betapa produktifnya al-Thabari. Hidupnya dipriotitaskan menuntut
ilmu dan berkarya sehingga bisa bermanfaat untuk orang banyak.
B. Apakah paham teologi dan madzhab imam al-Thabari?
Jawabannya
ialah al-Thabari berpaham Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah, sedangkan madzhab
fikihnya ialah al-Jaririyyah. Pada awalnya pengikut madzhab imam as-Syafi’i
kemudian berijtihad sendiri melahirkan madzhab al-Jaririyyah. Walaupun memiliki
pengikut sendiri, madzhab al-Thabari ini akhirnya ditelan zaman karena teorinya
kurang lebih sama dengan madzhab imam as-Syafi’i.
C. Sumber penafsiran
Dalam tafsirnya
Jami’ al-Bayan yang fenomenal itu, al-Thabari menggubakan sumber al-Ma’tsur.
Bukan berarti meninggalkan rasio tetapi lebih banyak menggunakan dalil nash,
pendapat sahabat dan tabi’in.
D. Metode Tafsir
Menurut para
peneliti, metode yang dipakai oleh al-Thabari ialah Tahlili. Kenapa demikian?
Karena dalam kitab Jami’ al-Bayan tersebut mengungkapkan bahwa al-Thabari
bersumber dan mencantumkan beberapa hal ini:
a.
Penafsiran al-Qur’an dengan al-Qur’an.
b.
Penafsiran al-Qur’an dengan Sunnah Nabi saw.
c.
Penafsiran al-Qur’an dengan pendapat sahabat Nabi dan Tabi’in.
E. Corak Tafsir
Para peneliti
dalam hal ini tidak mengkhususkan apa corak yang dipakai oleh al-Thabari, namun
ada yang berpendapat coraknya ialah Fikih. Hal ini boleh-boleh saja mengingat
al-Thabari adalah master di bidang fikih.
F. Referensi Kitab Jami’ al-Bayan
Referensi yang
dipakai ialah hadis-hadis Nabi saw, pendapat sahabat maupun tabi’in,
syair-syair Arab, dan Sirah Nabawiyah. Dari rujukan hadis, beliau menggunakan
hadis-hadis yang dianggap shahih, kemudian beliau juga mengomentari jika ada
hadis yang diapakai itu dhaif. Rujukan tafsir yang diapakai oleah al-Thabari
dari kalangan tabi’in ialah tafsir ‘Abd al-Rahman bin Zaid bin Aslam, tafsir
Ibnu Juraij, dan tafsir Muqatil bin Hayyan.
Referensi dari segi lughah, nahwu, dan syair Arab bersumber pada
kitab ‘Ali bin Hamzah al-Kisa’i, kitab Ma’ani al-Qur’an oleh Yahya bin
Ziyad al-Farra’i, kitab Abi al-Hasan al-Akhfasy, kitab Abi ‘Ali Qithrb, Majazi
al-Qur’an oleh Abi ‘Ubaidah, serta lainnya.
G. Ciri Khusus Tafsir Jami’ al-Bayan
1.
Melakukan tarjih atas riwayat-riwayat yang dikutip.
2.
Menjelaskan aspek kebahasaan seperti nahwu dan i’rab.
3.
Memasukkan Qira’at dalam penafsirannya.
4.
Syair-syair Arab klasik pun tak ketinggalan.
H. Sistematika Penulisan Jami’ al-Bayan
a)
Kitab tafsir ini terdiri dari beberapa jilid tergantung penerbit,
ada yang 10 jilid, 15 jilid, hingga 24 jilid.
b)
Pada awal jilidnya, ditemukan penjelasan biografi pengarang,
kemudian latar belakang penulisan, metode yang diapakai,dan landasan pembolehan
menafsirkan al-Qur’an.
c)
Kemudian masuk ranah penafsiran.
I. Sistematika Penafsiran Jami’ al-Bayan
1.
Memulakan dengan lafaz Bismillah disertai nama surah.
2.
Mencantumkan hadis-hadis baik dari Nabi saw, sahabat maupun tabi’in.
3.
Terkadang juga mencantumkan sebab turunnya ayat yang sedang dibahas.
4.
Kadang juga menjelaskan perbedaan Qira’at jika ayat itu mengandung qira’at-qira’at
yang berlainan.
5.
Jika dalam penafsiran ayat terdapat riwayat-riwayat yang saling
berlawanan baik makna atau lafaznya, beliau menampilkan riwayat-riwayat
tersebut terlebih dahulu, baru kemudian melakukan tarjih terhadap
riwayat-riwayat tersebut.
[1]Manna al-Qaththan, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an, terj. Aunur
Rafiq El-Mazni, (Jakarta: Pustaka al-Kautsar,2006), h.477
[2]Faizah Ali S. dan Jauhar Azizy, Membahas Kitab Tafsir Klasik-Modern,
(Ciputat: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2012), Cet. 2, h.
1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar